mural
homeforward
Bikin Transaksi Makin Mudah, Begini Cara Daftar QRIS untuk Bisnismu!

Bikin Transaksi Makin Mudah, Begini Cara Daftar QRIS untuk Bisnismu!

Zaman sekarang, uang tunai tak lagi menjadi prioritas. Berbagai urusan bayar-membayar kini bisa dilakukan secara cashless, salah satunya menggunakan QRIS. 

Nah, apa itu QRIS dan bagaimana cara daftar QRIS agar bisa digunakan untuk bertransaksi? Simak uraian lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: 4 Cara Bayar Pakai QRIS untuk Beragam Transaksi

Apa Itu QRIS?

cara menggunakan qris seabank

Sumber: Freepik

Kamu tentu sudah kerap mendengar istilah QRIS. Misalnya, saat sedang berbelanja di supermarket atau makan di kafe, beberapa orang akan memutuskan untuk membayar tagihan melalui QRIS. Biasanya, mereka akan menggunakan smartphone untuk memindai kode tertentu.

Secara umum, demikianlah gambaran tentang QRIS. Dikutip dari Detik Finance, QRIS alias Quick Response Code Indonesian Standard merupakan wujud dari penyatuan beberapa jenis QR (Quick Response) yang diterbitkan oleh berbagai Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) melalui QR code.

Sederhananya, PJP ini merupakan perusahaan-perusahaan yang meluncurkan produk fintech (financial technology) guna melakukan pembayaran digital. Pembayaran di sini bisa dilakukan dengan QR code. Artinya, masing-masing PJP memiliki QR code yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Nah, dari situ Bank Indonesia kemudian berupaya mengumpulkan berbagai QR code yang berbeda tersebut menjadi satu dalam wujud QRIS. Melalui satu kode ini, pembayaran digital bisa dilakukan dengan aplikasi apa pun, cukup dengan memindainya saja.

Keuntungan Daftar QRIS

Sebelum melanjutkan pembahasan tentang cara daftar QRIS, kamu perlu tahu dulu beberapa keuntungan yang akan diraih dengan mendaftarkan diri menjadi member QRIS, khususnya bagi para pebisnis. Berikut uraiannya!

1. Membuat Proses Transaksi Semakin Praktis

Poin ini sudah cukup jelas. Ketika satu QR code bisa digunakan untuk segala jenis aplikasi pembayaran, tentunya akan membuat transaksi semakin praktis. Hal ini selanjutnya akan membuat pelanggan bisnis Anda merasa senang karena telah mendapat kemudahan.

2. Transaksi Semakin Aman

Dengan pembayaran melalui QRIS, kamu akan terhindar dari risiko memperoleh uang palsu seperti halnya saat pembayaran dilakukan secara tunai. Tentunya hal ini akan menjadi satu keunggulan tersendiri untuk semakin yakin menggunakan QRIS.

3. Memudahkan dalam Pencatatan Keuangan

Setiap dana yang masuk melalui metode pembayaran QRIS, secara otomatis akan langsung tercatat dalam sistem keuangan. Artinya, kamu tidak perlu lagi menyusun laporan keuangan secara manual.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa QRIS membuat beberapa hal menjadi lebih efisien, sehingga kamu bisa menghemat lebih banyak waktu untuk melakukan pekerjaan lainnya.

Cara Daftar QRIS All Payment

Bayar pakai QRIS Flip

Untuk mendaftarkan bisnis agar memiliki QRIS all payment, alias QR code yang bisa digunakan untuk transaksi dengan berbagai aplikasi pembayaran, dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Berikut uraiannya!

1. Pastikan Kamu Sudah Memiliki Rekening Bisnis

Cara daftar QRIS untuk seluruh pembayaran dimulai dengan menyiapkan rekening bisnis. Jadi, pastikan kamu punya rekening bisnis aktif. Rekening inilah yang nantinya akan dipakai untuk menerima semua transaksi melalui QRIS.

2. Menyiapkan Berbagai Dokumen yang Dibutuhkan

Selain rekening bisnis, kamu juga perlu menyiapkan beberapa dokumen untuk mendaftarkan bisnismu agar mendapatkan QRIS. Berikut beberapa dokumen yang dibutuhkan!

Untuk Bisnis Perorangan

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik usaha
  2. Nomor Kartu Keluarga (KK) sesuai KTP.

Untuk Badan Usaha

  1. KTP atas nama pemilik usaha.
  2. Nomor KK sesuai dengan KTP pemilik usaha.
  3. Akta perusahaan.
  4. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan.
  5. Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
  6. Surat kuasa asli, khusus untuk pendaftaran QRIS yang diwakilkan.

Untuk Bidang Pendidikan

  1. KTP penanggung jawab.
  2. Nomor KK sesuai dengan KTP yang didaftarkan.
  3. Akta pendirian lembaga pendidikan.
  4. NPWP lembaga.
  5. Surat kuasa asli, jika diwakilkan.

Untuk SPBU dan Sebagainya

  1. KTP pemilik usaha.
  2. KK sesuai dengan KTP.
  3. Akta perusahaan.
  4. NPWP perusahaan.
  5. Surat kuasa asli, jika diwakilkan.

Untuk Yayasan, Donasi, atau Lembaga Non-profit

  1. Akta pendirian yayasan/surat resmi yayasan/NPWP/surat ketetapan yang dikeluarkan pemerintah.
  2. KTP penanggung jawab.
  3. KK sesuai dengan KTP.
  4. Formulir registrasi yang ditandatangani dengan tanda tangan basah.
  5. Surat kuasa jika diwakilkan.

3. Membuat Akun

Jika dokumen sudah lengkap, cara daftar QRIS selanjutnya adalah dengan membuat akun di laman qris.id. Isi formulir yang tersedia secara lengkap, termasuk memilih jenis bisnis yang sedang kamu jalankan. Jika sudah, tunggu proses verifikasi selesai.

4. Lanjutkan dengan Melengkapi Data Diri

Saat proses verifikasi selesai dan tak ada masalah lagi, kamu akan mendapat pemberitahuan melalui email berupa username dan password. Gunakan untuk login ke dalam akun, dan lengkapi formulir data diri yang tersedia, sekaligus unggah dokumen-dokumen sesuai ketentuan.

5. Lakukan Pembayaran

Proses pembayaran registrasi QRIS bisa dilakukan melalui e-wallet. Jika sudah, tunggu proses verifikasi untuk mendapatkan National Merchant ID (NMID). Proses ini bisa berlangsung selama beberapa hari, jadi kamu harus rajin mengecek pemberitahuan via email. Biasanya, pemberitahuan terkait pengaktifan QRIS disampaikan di sana.

Baca Juga: Mau Bayar dengan QRIS di Singapura? Begini Caranya!

6. Pasang Hardware dan Software untuk Menerima Pembayaran

Setelah cara daftar QRIS di atas berhasil dilakukan dan Anda mendapat NMID dan QRIS, lanjutkan prosesnya dengan memasang hardware dan software untuk menerima pembayaran. Ikuti petunjuk dari QRIS secara cermat agar tak terjadi kesalahan. Jika sudah, QRIS all payment pun siap dipakai untuk bertransaksi.

Demikian beberapa langkah cara daftar QRIS yang bisa dilakukan sebagai merchant. Pastikan seluruh dokumen telah lengkap agar proses pendaftaran dapat berjalan dengan lancar.

Setelah punya QRIS all payment, pelangganmu pun akan semakin mudah untuk melakukan transaksi pembayaran.  Misalnya dengan aplikasi Flip yang kini punya fitur baru berupa metode pembayaran QRIS. Kamu bisa memanfaatkannya untuk melakukan berbagai transaksi.

Di samping itu, kamu juga tetap bisa transfer uang melalui Flip ke berbagai bank tanpa biaya admin. Jadi, tunggu apa lagi? Untuk keperluan transaksi kirim dana, Flip solusinya. Segera unduh Flip secara gratis di Play Store maupun App Store.

Bayar dan scan QRIS Flip

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi